Pakar : tiga syarat keberhasilan demokrasi RI

Jakarta – Anggota Majelis Profesor Riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Indria Samego mengatakan bahwa terdapat tiga syarat keberhasilan demokrasi di Indonesia.

“Syarat pertama adalah adanya pemimpin yang kuat, kemudian pengembalian fungsi partai politik, dan yang terakhir adalah peningkatan kesejahteraan rakyat secara merata,” kata Indria dalam “Forum Fasilitasi Daerah Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Bangsa” di Jakarta, Jumat.

Hadirnya pemimpin yang kuat dan memiliki otonomi yang relatif tinggi, menurut Indria, diperlukan untuk menggerakkan perubahan dan perbaikan.

Dia mengatakan bahwa Indonesia lebih membutuhkan negarawan yang merupakan pemimpin daripada politisi.

“Tanpa kehadiran pemimpin yang berjiwa negarawan, segala macam kesulitan yang kita hadapi tidak akan terpecahkan kalaupun ada solusi, namun solusi tersebut berhenti di tingkat wacana dan tidak pernah didekati secara empirik,” kata dia.

Syarat yang kedua setelah hadirnya pemimpin yang kuat adalah penguatan kelembagaan partai politik dalam artian mengembalikan fungsi-fungsi partai politik yang secara ironis tidak dilaksanakan.

“Kepercayaan masyarakat terhadap partai politik harus dikembalikan, ini tentu saja bergantung dari kinerja partai. Kalau kepercayaan masyarakat tetap rendah seperti sekarang, maka demokrasi Indonesia berada dalam bahaya,” kata Indria.

Menurut Indria, membesarkan partai politik dan menjadikannya sebagai lembaga demokrasi yang terpercaya adalah keharusan.

“Syarat yang ketiga adalah peningkatan kesejahteraan rakyat yang merata, bukan hanya dalam aspek ekonomi melainkan juga sejahtera secara sosial, politik, dan hukum,” kata Indria.

Indria berpendapat bahwa tanpa kesejahteraan ini, demokrasi hanya akan menghasilkan eksploitasi kebebasan, yang pada gilirannya akan merugikan harmoni sosial.

Jika tiga syarat ini sudah dipenuhi, Indria optimistis demokrasi Indonesia bukan hanya demokrasi prosedural yang justru mencederai amanat rakyat, tapi merupakan demokrasi yang berhasil diterapkan secara substansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *